Tingkatkan Mutu Kelembagaan, FEBI UINSI Kunker ke UNISMA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) Samarinda menyambangi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang. Silaturahmi itu dalam rangka kunjungan kerja dan Benchmarking dalam pengembangan kelembagaan serta implementasi penandatanganan Memorandum of Agreement.

Acara bertempat di Meeting Room lantai 1 gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dihadiri oleh Dekan dan jajaran pimpinan UINSI Samarinda yang dengan diawali dengan sambutan dari Dekan FEBI UINSI Samarinda Dr. Mahrus, M.H.I yang dalam sambutannya menyatakan bahwa FEBI UINSI memiliki 3 program studi yakni Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Manajemen dan Prodi Perbankan Syariah. Dalam pengembangnya telah berusia sekitar 10 tahun sehingga sangat tertarik dengan beberapa program penguatan kelembagaan yang dicanangkan FEB UNISMA yang saat ini telah meraih akreditasi FIBAA Jerman dan Akreditasi Unggul dari LAMEMBA.

Untuk itulah Dekan FEBU UINSI, Dr. Moh. Mahrus mengimplementasikan MoU antara UINSI Samarinda dengan UNISMA melalui MoA sekaligus ingin membenchmar Good Practices FEB UNISMA yang telah menyandang berbagai prestasi dalam pengelolaan kelembagaan.

“FEBI UINSI berharap dapat mengimplmentasikan kerjasama dengan FEB UNISMA untuk meningkatkan mutu kelembagaan maupun SDM, dan diharapkan dapat menjalin kerjasama melalui berbagai kegiatan seminar, maupun penulisan jurnal dan penguatan dosen,” tutur Dr. Mahrus dihadapan pimpinan FEBI UINSI samarinda dan FEB UNISMA.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan FEB UNISMA Nur Diana, SE, MSi, CBV, CERA. Dalam sambuatannya Diana mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan kunjungan Bencmarking dalam penguatan kelembagaan FEBI UINSI Samarinda, dengan FEB UNISMA.

Labih lanjut Dekan FEB UNISMA memaparkan profil singkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan program studi yang ada, termasuk sejarahnya dan bagaimana pencapaian akreditasi unggul dari LAMEMBA dan Akreditasi Internasional dari FIBAA Jerman.

Diskusi terkait Akreditasi Nasional LAMEMBA dan Akreditasi Internasional FIBAA Jerman berlangsung dengan dinamis yang kemudian dilanjut FGD terkait diskusi berlangsung untuk membahas FIBAA secara umum serta OBE (Outcame Based Education), Assesment penilaian FIBAA dan LAMEMBA, proses pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa, pengelolaan Jurnal, pelaksanaan program international class, student exchange dalam negeri dan luar negeri, international community service dan PPL luar negeri serta kunjungan ke beberapa laboratorium dan fasilitas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA.

Di antaranya Studio Digital Marketing & Entrepreneurship, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FEB UNISMA, Perpustakaan, Syariah Banking Laboratory, Tax Center FEB UNISMA, Laboratorium Ziswaf, Laboratorium Digital Accounting, Laboratorium Bahasa Asing, IDD, Laboratorium Statitistik dan Riset, Laboratorium digital audit dan CPA Test Center, dan lain-lain.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat mendukung kerja sama yang baik antara FEB UNISMA dan FEBI UINSI Samarinda, selaras dengan komitmen institusi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) untuk peningkatan kualitas pendidikan yang inklusif (SDG 4) dan peningkatan kerja sama yang baik (SDG 17) untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.